Gosip Blogosphere

“Meng-update status di facebook seperti berteriak di sebuah konser di lapangan sepakbola yang padat, meng-update status di twitter seperti berkicau di pasar yang ramai, sedangkan meng-update blog seperti berbisik di sebuah kuburan yang sunyi dan sepi….”

–Kang Rohim bin Syuaib, Blogger Generasi Orba-

Benarkah seperti demikian adanya, para blogger beralih ke social media yang katanya lebih menyenangkan daripada blogosphere? Dan blognya ditinggalkan? Mudah-mudahan ini hanya sebuah GOSIP belaka, hanya bualan, seperti bualan para dewan rakyat yang sangat terhormat dan tong kosong nyaring bunyinya seperti panitia Pansus!

Gosip Blogosphere

Sekali lagi saya merasa ucapan kang Rohim itu fitnah yang KEJAM. Kenapa kejam? Lihatlah ke sekeliling kang, lihatlah dengan hati yang bersih, tanyakan pada Prof. Google, tanyakan pada Mr. Technocrati, coba tracking di BlogPulse, lihat semangat Temu Blogger 2010 di Bekasi, antusiasnya Wordcamp 2010 kemarin, yak pokoknya NgeBlog itu neverending story!

Baru-baru ini saya juga mendapatkan kabar gembira, theBOBs Award kembali mengadakan Penghargaan Blog terbaik di setiap negara, di Indonesia terpilih 11 Blog yang menjadi nominasi Blog Indonesia Terbaik. Lihat juga semangat blogger yang ikut di aggregator atau blog komunitas khusus seperti kompasiana, dagdigdug, blogdetik, dsb.

Jadi quote diatas sangatlah mengada-ada bukan?

Ok, saya akan berikan tips-tips singkat, padat, sekel, dan semok supaya para blogger senior, junior tetap bersemangat ngeblog:

1. Ngeblog lah dengan passion. Pemilihan topik yang sesuai dengan hasrat akan menyebabkan anda bergairah dalam melakukannya. Apapun, dan yang penting tulis yang kalian SUKA!

2. Pilihlah orang-orang yang akan anda jadikan watchdog / pengawas anda dalam ngeblog. Minta tolong mereka untuk selalu mengingatkan anda dalam mengupdate blog. Atur-aturlah schedule-nya. Dan tentukan pula sangsi apa yang akan anda dapat jika ternyata belum mengupdate blog.

3. Ikut Komunitas Blogger. Ini wajib, mengapa wajib, karena hanya dengan komunitas anda bisa merasakan menjadi blogger yang sebenar-benarnya dan seutuh-utuhnya. Manfaat, semangat, teman, ilmu baru, wah pokoknya banyak yang akan didapat lewat komunitas.

4. Rajin-rajinlah menyapa blogger lain (Blogwalking). Mengapa? Karena dari blogwalking tersebut anda akan tahu dunia blogosphere yang sebenarnya. Sebuah desa global (cybervillage), atau mayantara (cyberspace) yang sangat luas, tanpa batas. Dan tentunya mereka akan melirik blog anda. Sumpah!

5. Buatlah target posting. Tentukan target posting blog anda. Tidak usah muluk-muluk, 3 – 4 posting seminggu itu sudah lebih dari cukup.

6. Dipaksa, Terpaksa, Terbiasa. Update blog itu harus dipaksa, supaya nanti kita menjadi terpaksa, kalau sudah gini lama-lama kita pasti terbiasa. Trust me!!

Jika sudah, maka bulatkan tekad, mari kita sama-sama mengucapkan SUMPAH BLOGGER bersama-sama,

SAYA (nama anda) adalah SEORANG BLOGGER berjanji,
Satu, Tidak akan menyia-nyiakan blog saya begitu saja.
Dua, Selalu setia mengupdate blog saya tepat waktu.
Tiga, Enam Tips diatas saya lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab,
Empat, Mengajak orang-orang terdekat di sekeliling saya yang belum punya blog untuk membuatnya dan mengingatkan blogger terdekat saya untuk selalu update blognya
Lima, Selalu ngeblog yang positif dan bermanfaat untuk semua.”

Baik! Mulai saat ini, begitu anda meninggalkan komentar pada  posting ini dan menuliskan alamat blog kalian, saya akan menjadi watchdog atau pengawas Blog anda. So, Keep on posting!!

Iklan

26 Comments

  1. Keduaxx..

    Wah tipsnya mantab kang.. Iya tuh, sembarangan aja yang bikin GOSIP! Masa kita disamain kayak pocong2 di kuburan.. Sembarangan! 😀

    Saya gak mau jadi watchdog ‘Ndu.. Maunya jadi watchman aja… 🙂

    Suka

  2. biasanya sih yang awal2 itu ga bisa dilupakan,udah jadi root gitu, kya MiRC, biar ada ym, bbm, esiam, dll, tetep aja banyak peminatnya, selalu ada sisi klasik buat yg old skul..haha

    setubuh deh sama quote ini “NgeBlog itu neverending story!” 😀

    Suka

  3. hehehe keren nih postingnya
    saya aja sengaja nyemplung blogging gara-gara sok diare akut setiap liat orang nulis status di fb dengan bahasa aneh..sekarang malah ketagihan..
    minjem istilah ndorokakung; blogging is my undying passion..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s