[Slides] 20 Buku yang Direkomendasikan oleh Para Tokoh Dunia


Saya pernah ikut sebuah talkshow pada tahun 2006 silam tentang self-development. Dari talkshow tersebut dibahas suatu konsep yang menarik tentang bagaimana membaca buku bisa mengubah seseorang di masa depan. Kira-kira konsepnya seperti ini:

keadaan kita hari ini adalah cerminan dari apa yang kita baca lima tahun lalu. Diri kita lima tahun yang akan datang adalah sebuah hasil dari apa yang kita baca hari ini

Benarkah demikian ?

Di dalam diskusi tsb, konsep ini dikaitkan dengan teori Butterfly Effect, yang menyatakan bahwa perubahan/kejadian kecil akan berdampak atau mengakibatkan perubahan besar di kemudian hari. Analoginya, kepakan sayap kupu-kupu di Amazon bisa mengakibatkan tornado di Amerika. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini.

source: pixgood.com
source: pixgood.com

Jadi, apakah benar hanya dengan membaca buku bisa mengubah diri kita di masa depan? Harry S. Truman mengatakan:

“Not all readers are leaders, but all leaders are readers.”

Bung Hatta dengan 8000 ribu lebih buku di perpustakaannya
Bung Hatta dengan 8000 ribu lebih buku di perpustakaannya

Lihatlah para founding fathers (and mothers) negara kita tercinta, bagaimana mereka mempunyai ratusan/ribuan koleksi buku, bahkan ketika dalam pengasingan rumah mereka dipenuhi oleh buku-buku dari dalam dan luar negeri.

Saya sendiri yakin akan konsep “You are what you read” dan sudah merasakan langsung manfaat dari membaca buku. Jadi tidak salah ketika Mark Zuckerberg di tahun ini menginisiasi gerakan #AYearofBooks, dimana dia mengajak seluruh orang di dunia untuk melakukan resolusi membaca buku setiap 2 minggu sekali.

Lalu bagaimana dengan teman-teman, buku apa saja yang sudah dibaca? Kalau bingung, tim Communicaption sudah merangkum buku-buku yang  dibaca dan direkomendasikan oleh para tokoh dunia di slide berikut:

Selamat membaca!

Iklan

One thought on “[Slides] 20 Buku yang Direkomendasikan oleh Para Tokoh Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s