Ketika Kepercayaan dan Kredibilitas terhadap Negara ini Diukur, apa hasilnya?


Awal Maret lalu, saya berkesempatan hadir dalam blogger gathering yang diadakan oleh Tim Edelman Digital untuk membahas hasil survey mengenai tingkat kepercayaan dan kredibilitas terhadap kalangan usaha, korporasi, pemerintah, LSM dan Media. Survey ini dikenal dengan nama Edelman Trust Barometer.

Survei tersebut dilaksanakan oleh perusahaan riset StrategyOne dan terdiri dari 30 menit wawancara telepon yang dilakukan pada 11 Oktober – 28 November 2010. Trust Barometer 2011 ini melibatkan 5.075 responden informed publics (masyarakat dengan usia 25 – 64 tahun, berpendidikan minimal S1, dengan tingkat pendapatan $3000 / bulan) yang memiliki akses informasi di 23 negara, termasuk 1.575 di tujuh negara Asia Pasifik (Indonesia, Cina, India, Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Australia).

Result
Hasil Survey ini menggambarkan tingkat kepercayaan informed publics* terhadap Indonesia mengalami peningkatan tajam. 80% responden menyatakan bahwa mereka memiliki keyakinan tinggi terhadap kalangan bisnis.

Tahun ini industri yang memperoleh kepercayaan paling tinggi adalah industri teknologi (97%), diikuti oleh otomotif (94%), dan retail (94%).

Sektor perbankan juga menjadi salah satu institusi yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi dengan 92%.

Untuk konsumsi media, hasil survei menunjukkan media online, print, elektronik serta sumber informasi dari perusahaan merupakan medium yang paling dipercaya dalam memperoleh informasi mengenai sebuah perusahaan. 40% responden menyatakan bahwa mesin pencari (search engine adalah kanal utama yang mereka gunakan dalam mencari informasi mengenai sebuah perusahaan;  sedangkan 30% nya menyatakan harian dan majalah.

Hal lain yang didapat dalam survey, adalah 57% responden mengatakan bahwa mereka ‘agak atau sangat’ setuju dengan pernyataan bahwa ‘tanggung jawab sosial dari sebuah usaha adalah untuk meningkatkan labanya’. Yang menarik, 9 dari 10 responden mengatakan bahwa bisnis dalam mencari keuntungan harus memiliki tujuan mulia.

Untuk detail mengenai hasil survey Edelman Trust Barometer 2011 ini, teman-teman bisa explore dan download slide dibawah ini,

Semoga bermanfaat 😀


3 tanggapan untuk “Ketika Kepercayaan dan Kredibilitas terhadap Negara ini Diukur, apa hasilnya?”

Tinggalkan komentar, curhat juga boleh kok

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.