Pengguna Internet Indonesia meningkat, Yahoo! dan Koprol campaign besar-besaran


Mulai 10 Agustus kemarin, Yahoo! bersama dengan Koprol-nya telah memulai campaign besar dengan tema “New to Net” di Indonesia (dengan perkiraan 25,4 juta pengguna Internet saat ini). Campaign ini bertujuan untuk mengajak lebih banyak orang di Indonesia menjadi pengguna Internet (dan Koprol tentunya). Campaign “New to Net” ini menggunakan simbolisasi pintu ungu, yaitu merepresentasikan bagaimana Internet membuka pintu ke dunia dengan kesempatan yang tak terbatas.

pontus and satya

Saya (@padmanegara) berkesempatan hadir dalam Media Conference Yahoo! Indonesia, Selasa (10/08), yang bertempat di Buddha Bar, Menteng. Di acara tersebut Yahoo! yang diwakili oleh Pontus Sonnerstedt, Country Manager, Yahoo! Indonesia dan Satya Witoelar, Co-Founder Koprol, membeberkan rencana besar Yahoo! Indonesia dengan kampanye New to Net. Di tempat tsb, saya juga bertemu dengan blogger lainnya,yaitu Aulia (@aulia) dan Pitra (@anakcerdas) yang sempat berdiskusi tentang geliat Koprol setelah diakuisisi oleh Yahoo! (sayang Rama, @rampok, berhalangan hadir).

Pertumbuhan pengguna Internet

Ada yang menarik mengenai data pertumbuhan pengguna internet yang dirilis oleh Yahoo! & TNS (berdasarkan hasil riset di 8 kota), dimana mencatat sebuah lonjakan dari 22% (2009) ke 48% (2010) dari para pengguna yang mengakses Internet melalui telepon genggam, dan juga peningkatan dari 16% (2009) ke 25% (2010) dari pengguna yang mengakses dari rumah. Sedangkan untuk pengguna Internet dari Warnet mengalami penurunan dari 83% (2009) ke 64% (2010). Lebih detail, lihat grafik dibawah ini,

data pengguna internet 2010

Studi Yahoo! dan TNS, mengemukakan bahwa warung Internet telah secara bertahap kehilangan posisinya dimana sekarang smart phone menjadi pilihan pengakses Internet dimana harga yang sudah sangat terjangkau dan pilihan biaya yang murah. (mungkin sudah sulit dihitung ada berapa jumlah handphone yang murmer tapi bisa Online all in one?! :P)

Disamping itu,  pertumbuhan Internet yang cukup signifikan terjadi di luar Jakarta, bahkan terdapat 3 kota yang pertumbuhan internetnya mengalami peningkatan drastis, yaitu Semarang, Palembang, dan Makassar.

pertumbuhan pengguna Internet di luar Jakarta

Dari kota tersebut, studi menunjukkan bahwa pertumbuhan pengguna internet tersebut berasal dari peningkatan mobile internet access,

pertumbuhan pengguna internet dengan menggunakan mobile

Dilihat dari tersebut, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu pasar Internet yang berkembang dengan cepat.

Campaign Yahoo! Indonesia dan Koprol

Yahoo! Indonesia yang saat ini sudah meluncurkan Yahoo! OMG, Yahoo Pulse, Yahoo Mim, dan beberapa fitur baru pada Yahoo! Messenger, kembali meluncurkan beberapa konten yang akan mendukung kampanyenya, diantaranya Yahoo! Fantasi Sepak Bola, Yahoo! Ramadhan Mubarak, dan Yahoo! Travel. Selain itu, kampanye ini akan pula didukung oleh beberapa aktivasi, diantaranya kompetisi online serta tur di beberapa universitas dan beberapa promosi off-line.

Begitu pula dengan Koprol, setelah diakuisisi Yahoo!, Koprol mengalami peningkatan dari segi user, aplikasi, dan sistem. Jika teman-teman yang menggunakan Foursquare, pasti ketika check-in di suatu tempat pernah menemukan tempat yang sama lebih dari satu, bahkan lebih dari 10, duplikasi seperti ini sangat minim terjadi di Koprol. Di koprol, terdapat kurator yang bertugas untuk memverifikasi ketika ada tempat baru, apakah itu benar atau hanya duplikasi. Kurator berhak untuk accept atau reject tempat tersebut. Kurator ini adalah super user yang diangkat dan dipercaya oleh Koprol untuk melakukan tugas verifikasi.

Koprol, pada kampanye ini mengumumkan bahwa akan ada aplikasi baru untuk mobile phone yang menggunakan Java, disamping itu user akan menemukan lebih banyak new places, dan new friends di Koprol.

Menurut Satya Witoelar, “ Internet akan lebih banyak memainkan sebuah bagian yang penting dalam kehidupan orang-orang Indonesia baik di ruang kelas, lingkungan kerja serta kehidupan sosial mereka. Internet adalah tentang pemberdayaan dan kemampuan untuk memiliki akses ke informasi merupakan salah satu hal hebat di semua lapisan masyarakat kita

Yahoo! beriklan di TV

Yang sangat menarik dari kampanye ini adalah Yahoo! dan Koprol akan menggunakan TVC (TV Commercial) Ad / Iklan di TV. Kampanye Yahoo! dalam bentuk iklan TV di Indonesia merupakan yang kedua di Asia Tenggara. Pertama kali, bentuk publikasi ini dilakukan di Vietnam.

Berikut adalah screenshot dari TVC yang akan mulai tayang Minggu ini,

TVC yahoo 1

TVC yahoo 2

Selain melalui televisi, Yahoo! juga akan menerbitkan microsite khusus (http://id.yahoo.com/pintu_ungu, bisa diakses setelah 16 Agustus)

***

yahoo-conference

Iklan

10 thoughts on “Pengguna Internet Indonesia meningkat, Yahoo! dan Koprol campaign besar-besaran

Add yours

  1. ide yang brilian buat si pencipta koprol, walaupuan bukan sesuatu ya baru tapi kita harus mendukungnya 110% karena ini produk Indonesia dan secara konsep, koprol memang menjanjikan
    mari ngoprol.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: