Berubahlah, atau Corenglah Citramu!


Satu lagi aksi aksi reality show menggelitik terjadi di atap gedung DPR. Bukan di dalam lo! Kali ini bintangnya adalah Pong Harjatmo, artis film era 80-an yang populer di jamannya. Apa sih yang dilakukan? Ia memanjat gedung itu dan di atap kura-kura tersebut mencoret dengan cat merah tulisan ‘Jujur, Tegas, Adil’.

Tak ayal, aksinya itu dapat teguran dari para petinggi di dalam gedung dan Pong pun sempat diinterogasi oleh para petugas keamanan di DPR. Kabarnya, meski tak ditahan, Pong diharuskan menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya itu dan mengganti rugi.

Kenapa Pong lakukan aksi nekat itu?

Menurut Tempointerakatif Pong beralasan: “Selama ini baik dari pemerintah maupun wakil rakyat di DPR kok selalu mengambang nggak pernah selesai. Mulai dari kasus Century, gas meledak sampai absensi anggota dewan yang bolong-bolong itu,” kata Pong, pemain film tahun 80-an ini di depan ruang wartawan DPR, Jumat (30/7). Menurutnya, ia capai protes dan menyentil di televisi, tetapi tidak didengar, bahkan dianggap hanya entertaiment jenis baru.

Ya, minggu-minggu ini tampaknya para anggota DPR kita sedang (atau semakin?) kebal dengan kritik. Dimulai dari kritikan terhadap kinerja mereka yang lamban sikapi banyak hal, dari kasus Century, tabung gas 3 kg yang suka meledak sampai dengan suka absennya mereka dari rapat paripurna DPR RI. Konyolnya, setelah kritikan ini merebak, kelakuan mereka bukannya berubah namun tetap sama. Mereka malah saling menyalahkan dan lempar tanggung jawab. Luar biasa!

Asyiknya Reality Show

Kritik melalui Reality Show sepertinya memang perlu dilakukan untuk tarik perhatian publik, utamanya pihak yang dikritik. Itu juga yang sempat dilakukan Herry Mulyadi saat mengkritik buruknya citra PSSI dengan berlari menggiring bola ke gawang lawan (saat itu sedang ada pertandingan Indonesia VS Oman di ajang piala Asia 2010 lihat artikel: Saatnya Reality Show! ). Publik langsung terpana dan tersadar betapa buruknya prestasi sepakbola tanah air tercinta ini.

Ya, semoga upaya Pong memanjat dan mencorang-coreng atap gedung DPR RI berbuah manis. Terbukti dari tanggapan di social media yang mendukung aksi itu dengan tagar di twitter #Pongharjatmo.

Semoga juga para anggota dewan terhormat di dalam gedung nyaman itu juga menangkap pesan yang ingin disampaikan rakyat: Berubahlah, atau corenglah citramu!

Ditulis oleh Saifullah Kundo, Strategic Content Specialist, Praktisi PR, dan Mantan Wartawan
Editing,
Conversation Tracking, dan Ilustrasi oleh Takhta Pandu Padmanegara, Cyber Public Relations, Blogger, dan Visual Thinker.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: