Social Media Day: Perayaan Meriah di Jakarta!!


Social Media Day Jakarta

Setiap Negara di seluruh dunia pasti mempunyai peringatan hari kemerdekaan, hari peringatan internasional, nasional, dan hari-hari perayaan lainnya, tentunya setiap warga negara-nya mempunyai perasaan dan ekspresi tersendiri untuk memperingatinya.

Lalu bagaimana dengan warga negara di dunia maya, yang biasa disebut Netizen? Apakah mereka punya sesuatu yang bisa dirayakan? Netizen ini merupakan “warga negara” terbesar di dunia, tidak peduli apapun warga negara aslinya, sukunya, bahasanya, pekerjaan, usia, status sosialnya, mereka semua terhubung dalam satu ikatan sakral: jejaring sosial (social media); Entah social media yang bersifat global seperti facebook, twitter, foursquare, friendster, myspace, youtube, flickr, etc atau jejaring social dengan citarasa lokal seperti kaskus, koprol, saling silang grup, bundagaul, dll. Dan harus diakui bahwa kita sudah masuk menjadi bagian dunia social media ini.

Yakk, tepat pada 30 Juni 2010 kemarin, Mashable.com mengajak kepada mengajak warga dunia untuk kumpul-kumpul sesama pecinta social media untuk merayakan Social Media Day. Seluruh Netizen di dunia merayakannya di tempat yang mereka sudah siapkan secara independen (lihat di Mashable Meetup).

Bagaimana dengan yg ada di negara kita? di Indonesia sendiri, tercatat ada dua tempat yg menyelenggarakan Mashable Meetup – Social Media Day: Jakarta dan Bandung. Di Jakarta, Social Media Day diadakan di Mezzaluna Cafe, Kemang. Penyelenggaranya adalah para Social Media Enthusiast yang berasal dari Fresh Forum, Obrolan Langsat, Kaskus, dan tidak ketinggalan para sponsor yang mendukung acara ini.

Suasana di Social Media Day Jakarta, ada sekitar 300 orang yang datang

Tidak hanya kumpul-kumpul saja, di acara Social Media Day yang pertama ini, Mike’s Apartment memeriahkan acara dengan membawakan beberapa lagu, ada juga sesi knowledge sharing dan bagi-bagi hadiah (7 BB dan 2 Netbook, ^_^). Dalam sesi sharing, pembicaranya antara lain, Ramya Prajna yang membuka acara dengan menampilkan video dari foundernya Mashable, Pete Cashmore (terus terang, saya kagum dengan Pete dan Mashablenya. Sejak didirikan tahun 2005, sekarang Mashable rata-rata dalam sebulan mendapat kunjungan 25 juta pageviews. Fantastis. dan menjadi referensi mengenai news, tips, dan segala sesuatu mengenai perkembangan internet)

Pesan Pete Cashmore tentang Social Media Day

Setelah Ramya memberikan kata sambutan dan menampilkan video Pete, giliran Enda Nasution berbagi mengenai traffic di Saling Silang.  Setelah itu, dilanjutkan oleh Herman dari Semut Api mengumumkan tentang kegiatan penghargaan yang bekerja sama dengan Daily Social, yaitu Sparxup Award.Tidak ketinggalan Raditya Dika (yang juga pernah talkshow bareng Jelanguan di Bogor) sharing tentang bagaimana Social Media sangat membantu dia untuk menjadi selebriti, promosi buku, film Kambing Jantan, dsb.IDS (International Design School) yang diwakili oleh Ades Aulia, berbagi tentang komunitas Kerja Kreatif yang bisa di-follow di twitternya @kerjakreatif, untuk mendapatkan info lowongan atau project di industri kreatif.

Kemudian, Aulia Masna, saya lebih mengenalnya sebagai Apple Evangelist dan editor dari MacWorld, tapi disini dia mewakili JTUG (Jakarta Twitter User Group) yang berbagi mengenai Bagaimana Twitter menjadi tren di dunia dan Indonesia, dan bagaimana para ABG membuat hal yang tidak penting menjadi Trending Topic. Di akhir Sesi ada penampilan dari Igor Saykoji dan Jflowrighthere!. Mantapp!!

Jadi bagaimana teman-teman, menarik bukan? Untuk teman-teman yang di Bogor yang tidak sempat ikut, kita bisa buat Mashable Meetup di Bogor, gimana gimana? 🙂

Postingan tentang Social Media Day yang lain:
Social Media Day oleh Pitra Savitka
Social Media Day dirayakan di 90 Negara (Kompas Tekno)
Social Media Day by Fresh
30 Juni diperingati sebagai hari Social Media Day oleh Fanabis
Today is Social Media Day by Ibnu Azis
Social Media Day by Rara
Social Media Day Jakarta 2010 by Hadi Gunawan
Happy Social Media Day to all of us SocMed junkie by Cesar
(kalau ada yg ingin ikutan menmbahahkan kasih tau ya)

Iklan

2 thoughts on “Social Media Day: Perayaan Meriah di Jakarta!!

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: