Up in The Air: Dialog Cerdas dan Pesona George Clooney


Up in the air Poster

Up in the Air adalah karya Jason Reitman yangmeraih 6 nominasi Academy Awards termasuk Best Picture dan Best Actor (George Clooney). Film-film dengan dialog yang cerdas memang masih menjadi andalan sutradara yang juga membuat flm Thank You for Smoking dan Juno. Film yang diangkat dari novelnya Waiter Kirn yang secara big picture menggambarkan tentang hubungan antar manusia (human connection).

Novel Up in The Air

Film ini bercerita tentang  perjalanan seorang Ryan Bingham (George Clooney) yang mempunyai pekerjaan yang unik, membantu perusahaan dan bos-bos yang pengecut untuk memecat pegawainya sendiri dan bagaimana Ryan menghabiskan hidupnya dari bandara ke bandara, hotel ke hotel, dan menjadi seorang motivator. Dari kesibukannya itu, ia kehilangan kehidupannya yang sebenarnya.

Dalam perjalanannya, Ryan bertemu dengan wanita karir yang menarik dan juga super sibuk, Alex Goran (Vera Farmiga). Ryan mulai merasa ada ketertarikan dengan Alex, meskipun ia menganggap hubungannya tidak akan mencapai jenjang yang lebih jauh karena ia sendiri tidak percaya dengan pernikahan (sepertinya ini terjadi juga pada kehidupan nyata George Clooney yang sampai saat ini belum juga punya niat untuk menikah, dan mungkin tidak akan menikah). Ryan mulai membina hubungan dengan Alex, dan menganggap hubungan mereka berdua terbina dengan baik. Padahal Alex menyimpan rahasia yang akan membuat Ryan akan kecewa.

Pada satu waktu, bosnya Ryan, Craig Gregory (Jason Bateman) mengumpulkan seluruh pegawainya dalam meeting untuk memperkenalkan suatu sistem baru untuk memotong cost dalam memecat orang, sistem online dengan menggunakan fitur Video Chat.  Sistem ini diusulkan oleh pegawai baru, Natalie Keener (Anna Kendrick), yang baru saja lulus kuliah. Ryan yang agak keberatan dengan sistem ini, kemudian ia mengutarakan kepada bosnya bahwa pertemuan tatap muka langsung lebih baik daripada menggunakan online.

Meskipun dia mempunyai maksud pribadi, ia tidak bisa lagi berpergian, menikmati kesendirian, mengejar target jarak terbang, dan tidak betah untuk tinggal di kotanya. Kemudian, Craig menyuruh Ryan untuk mengajak Natalie ikut bersama dan menunjukkan kenyataan yang ada di lapangan. Dari sini, cerita demi cerita terangkai dengan sangat apik.

Dialog Cerdas

Dialog demi dialog memang sepertinya sangat diperhatikan oleh sang sutradara yang juga pernah menjadi seorang script writer dan producer. Jason Reitman memang tepat sekali untuk memilih George Clooney sebagai Ryan. Meskipun menurut saya, akting George Clooney masih lebih baik di Michael Clayton tapi setidaknya pesonanya cukup terpancar jelas di film ini.

Yang saya salut dalam film ini adalah para pemeran pembantu yang memerankan pegawai yang dipecat.  Akting mereka sungguh sangat nyata dan natural. Lihat Video (http://www.youtube.com/watch?v=DJ0Pen0SJS4)

Disamping itu teknik shot-shot yang teratur dan detail membuat penggambaran setiap adegan begitu proporsional Lihat Video (http://www.youtube.com/watch?v=2qzqXwMFQSA)

Jadi tunggu apalagi, segera kemasi barang-barang anda ke dalam sebuah backpack dan ikutlah terbang bersama Ryan ke seluruh Amerika untuk memecat orang di Up in the Air!

Iklan

5 thoughts on “Up in The Air: Dialog Cerdas dan Pesona George Clooney

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: