2010: Apakah brand Anda sudah siap untuk masuk ke dunia Cyber?

Old Social Brandcape vs New Social Brandscape

2009 adalah tahun yang penuh kejutan bagi konsumen dan brand. Bagaimana tidak, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan hal-hal yang berbau digital. Dari mulai meroketnya jejaring sosial, akses internet yang semakin dipermudah dengan hadirnya ponsel ber-internet murah meriah, kampanye politik online, komunitas online, gerakan-gerakan yang berawal dari komunitas online, dan yang menarik adalah brand-brand yang sudah mulai mencoba nyemplung ke “dunia yang penuh ketidakpastian” dimana media baru, khalayak baru, dan strategi baru menjadi tantangan.

Begitu pula mulai bermunculan profesi-profesi baru, seperti Cyber Public Relations, Social Media Strategist, Digital Brand Specialist, Brand Blogger Expert, Online Strategist, Digital Research Specialist, Digital Marketing Expert,  Online Community Strategist, Online Campaign Expert, dan profesi-profesi lain yang membuat orang-orang SDM (Human Resource) dibuat pusing.

Bagi para pemilik Brand tahun 2009 patut dijadikan bahan evaluasi mendalam ketika membuat atau memperbaharui strategi di tahun 2010. Konsumen di dunia cyber ini sudah termodifikasi sehingga mereka tidak bisa dikontrol, tidak setia, ingin serba cepat, dan mereka adalah promotor (penyebar Word-of-Mouth) yang sangat hebat, baik saat di dunia maya, maupun di dunia nyata.

Para pemilik brand ini harus sadar benar akan gelombang-gelombang penuh kejutan nanti di 2010. Praktisi Marketing, Marcomm, Sales, dan Public Relations pada tiap-tiap brand harus mulai memikirkan SECEPATNYA mengenai strategi baru, tidak hanya untuk ikut “nyemplung”, tapi juga mulai “menyelam” agar brand masing-masing bisa terselamatkan, bertahan, atau mungkin sampai terciptanya brand yang kuat di pasar dengan dukungan penuh dari dunia Cyber.

Apakah Anda sudah mulai memikirkan Social Media Policy dan strategi untuk brand Anda? Atau mungkin sedang menyusun Online Campaign (saya lebih suka menyebutnya dengan Integrated New Media Campaign) yang besar untuk tahun 2010 nanti? Atau jangan-jangan saat ini Anda sedang kebingungan bagaimana memulainya?

Yang pasti 2010 nanti, siap tidak siap, yah Anda harus siap dan rela jika brand Anda terpaksa ikut terjun bebas ke dunia Cyber*

*hati-hati dengan ranjau-ranjaunya ya!! ^_^

Image Source: www.flickr.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s